Bahaya Rokok Elektrik (Vapor)

electronic-cigarette

Pembahasan kali ini  tentang bahaya vapor beserta efek samping yang di timbulkan.

Pada dasarnya vapor adalah rokok jenis terbaru yang di ciptakan untuk para pecandu rokok aktif agar dapat mengurangi ketergantungan mereka terhadap rokok berjenis tembakau. Itu di sebabkan karena banyak penelitian yang di lakukan bahwa rokok jenis tembakau juga sangat berbahaya untuk kesehatan manusia.

Namun bukan berarti rokok vapor tidak memiliki efek samping, Vapor juga telah di teliti sangat berbahaya untuk kesehatan, oleh karena itu pada pembahasan kali ini kita akan khusus membahas bahaya vapor bagi kesehatan tubuh manusia.

Vapor memiliki cairan yang di sebut dengan liquid yang jika di panaskan maka akan menghasilkan uap atau asap, Di situ juga ada terdapat tombol Power, mods, drip dan juga alat pemanas yang di peruntukkan mengubah liquid tadi menjadi asap. Dan penampung cairan atau liquid tersebut bisa di isi ulang sesuai rasa dan selera penggunanya. Namun yang perlu kita garis bawahi besar, bahwa larutan liquid tersebut mengandung Gliserin, propilen glikol, dan senyawa perasa yang di gabung menjadi satu. dan jika tombol power di tekan maka liquid tersebut akan di panaskan secara otomatis dengan alat pemanas yang telah di buat dalam komponen rokok elektrik vapor tersebut. Kimia jenis perasa tersebut banyak di jual di toko-toko, tergantung rasa apa yang di selera penggunanya, ada rasa Mint, Menthol, aneka jenis rasa buah buahan, karamel, kapucino, kopi, coklat, susu, dan masih banyak rasa yang lainnya.

Bahaya Rokok Elektronik Vapor :

1. Rokok Beresiko Terbakar

Pada dasarnya rokok elektrik ini dapat bekerja dan membakar dengan adanya bantuan sebuah baterai yang berguna untuk memanaskan liquid menjadi sebuah uap atau asap yang di hasilkannya. dan apabila ada terjadi suatu konsletting atau masalah pada pemanas, maka akan beresiko pemanas menjadi terbakar, karena sekecil apapun arus listrik atau kapasitas baterai jika meledak maka bisa saja akan sangat membahayakan keselamatan Anda.

2. Kadar Nikotin Tidak Tentu

Ternyata rokok elektrik ini belum ada penetapan yang resmi akan nikotin yang terkandung di dalamnya, karena itu Bahaya rokok elektrik vapor untuk kesehatan tidak dapat di ragukan lagi, karena tidak mustahil bila banyak pedagang yang nakal  membuat cairan liquid sendiri yang kadar nikotinnya mereka sendiri tidak tahu kadarnya membahayakan atau tidak. Pada umumnya bahwa nikotin ini merupakan zat yang sangat berbahaya bila di konsumsi terlalu banyak atau berlebihan.

3. Merusak Paru Paru

Mengapa dapat merusak paru-paru?. Itu karena asap yang berasal dari rokok elektrik vapor berasal dari sebuah cairan liquid yang di buat dari bahan dasar yaitu campuran zat zat seperti gliserin, propilen glikol dan zat perasa yang terbuat dari zat-zat kimia. Karena itulah asap tersebut akan masuk kedalam paru-paru dan merusak sistem kerja dan rongga-rongga paru-paru manusia, dan jika di gunakan dalam jangka waktu yang panjang maka perlahan-lahan sistem kekebalan tubuh penghisapnya akan mulai berkurang seiring berjalannya waktu, oleh karena itu tak heran jika seorang perokok aktif pada masa dewasa nya mengalami berbagai macam penyakit paru-paru dan kanker yang mematikan.

4. Penyakit Jantung

Bukan hanya masuk kedalam paru-paru saja, asap rokok beserta efek sampingnya juga akan masuk kedalam sel-sel otak dan sel darah merah, sehingga kandungan zat-zat racun yang di hisap akan juga masuk kedalam jantung yang dapat mengakibatkan resiko terkena sakit jantung yang sangat besar.

5. Pusing Dan mual

Asap rokok yang mengandung zat-zat racun juga akan masuk kedalam sel-sel yang mengarah ke otak, sehingga tak jarang bila banyak pengkonsumsi rokok elektrik vapor mengalami pusing dan mual. nah jika hal ini terus di lakukan dalam jangka waktu yang panjang, maka akan terjadi banyak pemutusan sel-sel jaringan otak yang dapat mengakibatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit yang mengarah kekepala mulai akan berkurang secara perlahan.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.